Awal Bulan Puasa Ramadhan 2019 - 1440 H di Wilayah Negara Indonesia



Bulan puasa ramadhan yang dimuliakan oleh umat muslim di seluruh dunia, merupakan salah satu dari Rukun Islam. Ramadhan, bulan ke-9 pada kalender Islam, ialah salah satu bulan yang paling diberkahi dalam Islam. Umat muslim berpuasa selama bulan ini, memaksimalkan diri dalam beribadah, dan meningkatkan zikir kepada Alloh SWT



Bulan Ramadhan berpuncak pada peringatan Idul Fitri yang meriah sebagai rasa syukur umat muslim kepada Alloh SWT atas bulan yang penuh berkah serta perayaan yang penuh semangat keagamaan. Bulan ini dipenuhi dengan perayaan dan kemeriahan umat muslim yang memperbanyak tadarus Quran dan memperbanyak doa-doa serta memaksimalkan waktu mereka dengan berzikir. Umat muslim berpuasa selama bulan ini, karena berpuasa mengajarkan mereka arti kegigihan dan toleransi yang sesungguhnya.



Selama bulan ini, muslim tidak hanya menahan diri dari rasa lapar dan haus selama waktu yang ditentukan, tapi mereka juga harus mengekang semua emosi negatif seperti amarah dan berusaha membuktikan diri mereka untuk menjadi muslim yang sempurna. Lebih jauh lagi, Quran diselesaikan pada bulan ini dan hal ini meningkatkan kesucian bulan tersebut.



Lalu awal bulan puasa Ramadhan 2019 jatuh di tanggal berapa ya brosis?

Menurut garis tanggal yang dibuat dengan aplikasi AHC oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, secara hisab awal Ramadhan 2019 jatuh pada hari senin tanggal 6 Mei 2019.

Namun, untuk kepastiannya masih menunggu hasil sidang isbat oleh pemerintah yang akan menggabungkan dengan hasil rukyat hilal pada saat maghrib 5 Mei 2019 mendatang.

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Jika ingin bertanya, tolong lihat dulu pada komentar sebelumnya.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, dan sebagainya.