Jumpa lagi ...

Ok, sebelum melanjutkan kisah yang inspiratif pada materi sebelumnya, saya ingin menjawab beberapa pertanyaan yang masuk via email.

Saya kira jawabannya mungkin dibutuhkan oleh yang lain juga, Tenang, privasi dijaga.

==> Bisnis Online Itu Seperti Apa?

Sederhana banget, bisnis online itu adalah bisnis dengan menggunakan media online. Sama saja dengan bisnis biasa, hanya dijalankan secara online.

Bisa jual produk, baik produk fisik atau produk digital. Sama saja, online maupun offline bisa.

Bisa jual jasa, ya macem-macem jasa. Seperti pembicara, jasa bangunan, jasa sedot wc, jasa buat web, pesan jaket, dan sebagainya.

Bisa menjalankan ML-M secara online. Bisa menjadi konsultan online.

Pokoknya sama, hanya dionlinekan saja.

==> Saya Gaptek. Harus mulai dari mana?

Belajarlah supaya tidak gaptek. Mulai mengenal internet. Mulai mengenal social media, mengenal blog, dan sebagainya. Dengan mencoba, lama-lama nggak gaptek lagi.

Kuncinya memiliki kemampuan dasar teknis menggunakan komputer, mengetik, membuat email, bisa facebookan, saya kira sudah bisa mulai masuk belajar bisnis online.

==> karir apa yang harus dijalani di awal bisnis online?

Saya katakan: penjual. Karena hanya dengan menjual Anda akan mendapatkan uang secara halal dan syah. Apa saja yang dijual, itu terserah Anda mau apa.

Apakah mau jual herbal, jual pakaian, jual keahlian, jual ebook, jual software, atau apa pun.

Keahlian menjual sangat penting. Motivator, tanpa keahlian menjual tidak akan laku.

==> bagaimana jika saya tidak mau jualan?

Jangan bisnis. Ya, tidak usah mikirin bisnis. Bisnis itu jualan.

==> Saya bingung memilih, karena banyak tawaran

Kalau Anda pergi ke supermarket, mau beli detergen saja, banyak sekali merk yang terpajang.

Anda bingung?

Kalau Anda perkgi ke food court, banyak sekali makanan yang menggiurkan.

Anda bingung?

Kuncinya ada di keputusan Anda. Putuskan saja, sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda.


OK, sampai disini dulu. silahkan berkomentar untuk menambahkan jawaban yang lain.


Salam
Dodi Setianto

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Jika ingin bertanya, tolong lihat dulu pada komentar sebelumnya.
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, dan sebagainya.